KEGIATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
PROSES PEMBELAJARAN MATERI AJAR MATEMATIKA
KELAS 2 SEKOLAH DASAR BAB 6 SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
1.1 Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan
dalam
pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR
2.1 Menuliskan tanda waktu dengan
menggunakan notasi 24 jam.
2.2 Menyatakan lama waktu.
MATERI AJAR PENGUKURAN WAKTU
A. Membaca dan Menulis Tanda Waktu
A. Membaca dan Menulis Tanda Waktu
Tujuan pembelajaran setelah
mempelajari sub bab berikut siswa diharapkan mampu:
a. menentukan alat ukur
b. mengenal bagian-bagian jam analog
c. membaca waktu yang ditunjukkan jam analog
d. menulis tanda waktu yang ditunjukkan jam dinding
Di sekitar kita banyak alat untuk
mengukur wakyu. misalnya jam dan stopwach. Pada umumnya alat yang sering
digunakan adalah jam. Ada
2 model jam, yaitu jam digital dan jam analog. Jam analog adalah jam yang
menggunakan jarum untuk menunjukkan waktu. Jarum menunjuk pada angka-angka yang
terletak pada jam. Jam
digital adalah jam yang menggunakan angka-angka. Angka-angka tersebut
menunjukkan waktu.
Jam Analog
Jam Digital
Pada jam analog terdapat 2 jarum jarum pendek menunjukkan satuan jam dan
jarum panjang menunjukkan satuan menit.
Jarum panjang berputar satu kali putaran selama 1 jam
Jarum pendek bergerak satu angka selama 1 jam
Jarum pendek bergerak satu angka selama 1 jam
Membaca dan menulis tanda waktu:
Jarum pendek menunjukkan angka 1
Jarum panjang menunjukkan angka 12
Di baca : pukul 1
Di tulis: pukul 1 atau pukul 01.00
Jarum panjang menunjukkan angka 12
Di baca : pukul 1
Di tulis: pukul 1 atau pukul 01.00
a. Menentukan Lama Waktu
Perhatikan cerita berikutPada hari minggu diadakan hotong royong. paman dan Adi ikut gotong
royong. Paman membawa cangkul, dan Adi membawa sabit. Paman dan Adi berangkat
pada pukul 7 pagi, gotong royong selesai pada pukul 10 siang. Berapa lama
gotong royong dilaksanakan?
Jawab:
Mulai gotong royong
Jawab:
Mulai gotong royong
Komentar
Posting Komentar